Skip to Content

Kebutuhan Belajar Santri Read more     Syarat-syarat Masuk PP. Darul Huffadh Read more     GERBANG : Kado mini Milad ke- 37 Darul Huffadh-ku Read more     PENGAJUAN ACARA MENJELANG KESYUKURAN KE - 37 TAHUN Read more     FORMATUR PANITIA KESYUKURAN KE 37 TAHUN PONDOK PESANTREN PUTRI DARUL HUFFADH Read more     Panitia Keyukuran Ke-37 Tahun Darul Huffadh Read more     Lepas Kangen dengan DARUL HUFFADH Read more     Liputan D'Jour Read more     Pendaftaran Santri Baru Read more     Pondok Pesantren Akan Disetarakan Read more     

Darul Huffadh Speaking Wall (DH-Skill)

DH-SKILL adalah singkatan dari Darul Huffadh Speaking Wall dengan arti Majalah Dinding Darul Huffadh, yang terlahir di bawah kepengurusan Organisasi Santri Darul Huffadh (OSDHA) periode 2007/2008 M. Dengan bahasa yang meremaja, DH-SKILL Alhamdulillah dapat menjadi bacaan dan hiburan tersendiri bagi santri di setiap minggunya . dengan cara inilah DH-SKILL berusaha menambah khazanah keimanan dan keilmuan santri Darul Huffadh. Sekaligus mengarahkan jiwa muda mereka kepada ghiroh hidup islami dan menunjang semangat belajar.

Li I’laai Kalimatillah. Beranjak dari tujuan pondok inilah, DH-SKILL berusaha berda’wah melalui pena untuk bersama-sama menjadikan santri Darul Huffadh bersemangat untuk hidup dengan benar-benar islami, berpikiran luas demi kemashlahatan umat. Dan yang terpenting mempertahankan aqidah islam yang lurus dan benar sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Dan demi kelanjutan program ini untuk Organisasi Santri Darul Huffadh ke depan, DH-SKILL merekrut kader-kader da’wah dalam bidang kepenulisan dari santri-santri Darul Huffadh serta berusaha menjadi media bacaan resmi santri. Untuk peningkatan kader-kadernya, DH-SKILL mengadakan kelompok diskusi tentang masalah-masalah umat di zaman ini. Dan terus mengembangkan keterampilan kepenulisan dan hasil karyapara kader-kadernya.

Dengan satu motto ;

TINTA PARA ULAMA DITIMBANG DENGAN DARAH PARA SYUHADA’ 

Tepat pada tanggal 21 Juli 2007 M. DH-SKILL diresmikan. Media ini adalah Pusat Informasi Santri yang muncul pada saat ini. DH-SKILL hdir sebagai terobosan barubagi para pengurus dan anggota OSDHA demi tegaknya disiplin Pondok. DH-SKILL   yang tampil dengan berbagai rubrik memunculkan wacana bagi santri untuk menentukan tujuan dan sikap sebagai langkah awal menyongsong masa depan yang cerah.

TANTANGAN DAN HAMBATAN

DH-SKILL hadir setiap minggunya dengan tema yang kondusif dan signifikan terhadap permasalahan santri. Lay out-nya didesain dengan sedemikian rupa agar tampak menarik dan modern dan memanfaatkan media computer demi memuaskan para peminatnya.

Namun permasalahan yang muncul selanjutnya adalah minimnya potensi sumber daya manusia yang ada di kalangan santri. Dan hal ini tidak dapat dibiarkan karena akan memadamkan api perjuangan DH-SKILL. Maka akhirnya timbullah solusi, dengan mengadakan pelatihan dan pengkaderan yang bergerak di bidang tarbiyah akhlak dan kepenulisan dalam bentuk halaqoh diskusi. Kader inilah yang diharapkan mampu memberi warna dalam arena DH-SKILL. Dengan menggali hikimah sejarah perjalanan kenabian dan pembekalan keterampilan kepenulisan serta wawasan keilmuan lain, kami berusaha dengan penuh optimis dan tawakkal melahirkan generasi robbani yang berjiwa qur’ani bahkan lebih dari itu, para kader tersebut dapat menjadi trainer yang akan memberikan pelatihan dalam peningkatan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

Setelah berjalan kurang lebih lima bulan ternyata ada tantangan yang lebih berat yang membutuhkan ijtihad dan mujahadah untuk mengatasi problem tersebut. Masalah pendanaan, mu7ngkin itulah kata yang palingcocok dengan masalah yang satu ini. Sekali lagi ini tidak bisa dibiarkan karena akan memadamkan api perjuangan DH-SKILL, akhirnya timbullah solusi berikutnya untuk mengadakan pencarian dana dengan membuka jasa pelayanan komputer.

WACANA PERGERAKAN PENINGKATAN KEDEPAN

DH-SKILL telah bermaksud untuk mengadakan majalah bulanan sebagai bentuk peningkatan. Dan Alhamdulillah, Bapak Pimpinan Darul Huffadh dalam sambutannya di acara DH-SKILL award 2010 kemarin, telah memberikan dukungannya untuk penyelenggaraan hal tersebut. Maka Insya Allah kedepannya, DH-SKILL akan bergerak untuk itu. Penerbitan Majalah DARUL HUFADH.