Skip to Content

Kebutuhan Belajar Santri Read more     Syarat-syarat Masuk PP. Darul Huffadh Read more     GERBANG : Kado mini Milad ke- 37 Darul Huffadh-ku Read more     PENGAJUAN ACARA MENJELANG KESYUKURAN KE - 37 TAHUN Read more     FORMATUR PANITIA KESYUKURAN KE 37 TAHUN PONDOK PESANTREN PUTRI DARUL HUFFADH Read more     Panitia Keyukuran Ke-37 Tahun Darul Huffadh Read more     Lepas Kangen dengan DARUL HUFFADH Read more     Liputan D'Jour Read more     Pendaftaran Santri Baru Read more     Pondok Pesantren Akan Disetarakan Read more     

Pendaftaran Santri Baru

PATAH TUMBUH HILANG BERGANTI. Inilah salah satu motto yang dipegang oleh Pondok Pesantren Darul Huffadh, sehingga di Pondok Pesantren ini didakannya pendaftaran santri baru. Dan juga agar regenerasi pondok ini terus berjalan dan tidak habis. Sebab kalau tidak, maka siapakah yang meneruskan pondok ini kedepannya ?.

Salah satu cara agar itu semua dapat tercapai, yaitu dengan mengadakan pendaftaran bagi mereka yang ingin menuntut ilmu di pondok pesantren ini. Yang mana pendaftaran tersebut dibuka sejak tanggal 1 Juni sampai dengan tanggal 20 Agustus di setiap tahunnya (Untuk santriwati sampai tanggal 3 Agustus). Dan pada tahun ini, biaya pendaftaran santri baru lebih banyak dibanding tahun lalu. Itu semua dikarnakan biaya hidup pada saat ini melonjak, sangat berbeda dibanding setahun yang lalu. Untuk santri lulusan SD biayanya sebanyak Rp. 775.000-00, dan untuk santri lulusan SMP biayanya sebanyak Rp. 887.000-00. Dan seluruh biaya ini diperuntukkan untuk membeli segala keperluan santri itu sendiri seperti buku-buku pelajaran, pakaian olahraga, pakaian PERSIDHA (Perguruan Silat Darul Huffadh), lemari pakaian dan berbagai kebutuhan lainnya.

Syarat-Syarat Pendaftaran

Adapun syarat-syarat pendaftaran santri baru diantaranya:

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Menyerahkan pas photo ukuran 2x3 sebanyak 6 lembar
  3. Menyerahkan ijazah asli dan photo copynya sebanyak 3 lembar
  4. Menyerahkan surat tanda kelekuan baik dari sekolah asal
  5. Membawa surat keterangan dokter
  6. menandatangani surat kesanggupan mengikuti disiplin pondok
  7. memenuhi kebutuhan belajar KMI (Kulliyatul Mu’allimin/Mu’allimat Al-Islamiyah)

 

Syarat-Syarat Penerimaan Santri Baru :

  1. Minimal tamatan SD / MI /sederajat
  2. Lancar membaca Al- Qur’an
  3. Lulus ujian masuk KMI :
  • Ujian Lisan
  • Ujian Tulisan

 

        4. Sanggup menghapal Al-Qur’an & belajar di KMI

 

Test / Ujian Masuk :

Adapun test / ujian masuk yang dimaksud adalah untuk menentukan kelas yang sesuai bagi santri itu sendiri bukan test penerimaan yang bila tidak lulus, santri tersebut tidak diterima di pondok ini.

Test tersebut adalah :

Test lisan meliputi :

  1. Membaca Al-Qur’an
  2. Praktek ibadah sehari-hari
  3. Psycotest
  4. Test tulisan meliputi :
    1. Menulis Arab
    2. Bahasa Indonesia
    3. Ilmu Pengetahuan Umum / Agama